Sebagian besar dari anda mungkin asing dengan kata “Brand Story” dan banyak yang mengira bahwa itu hanyalah sekadar cerita tentang asal-usul dari sebuah brand. Namun, sebenarnya, Brand Story tidak hanya terbatas pada asal usul cerita brand anda melainkan sebuah narasi atau kisah lengkap mengenai brand anda mulai dari siapa anda sebagai sebuah brand, apa yang anda yakini, hingga kenapa keberadaan anda penting.
Lantas, apa urgensi dari brand story itu sendiri? Ketika anda menjual produk anda di pasaran, maka anda akan bertemu dengan banyak sekali pesaing diluar sana. Untuk membedakan anda dengan kompetitor anda, maka anda perlu memiliki identitas brand yang kuat. Membangun brand story atau cerita merek adalah langkah krusial dalam membangun identitas merek yang kuat. Ini bukan hanya sekadar menceritakan tentang produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi lebih kepada membangun koneksi emosional dengan konsumen.
Ada banyak cara untuk anda menyampaikan cerita dari brand anda kepada masyarakat, salah satunya adalah mendirikan booth di pameran. Anda bisa menghubungkan cerita dari brand anda dengan desain booth yang anda pilih agar image brand anda semakin kuat di mata konsumen. Sebelum lebih jauh membahas mengenai penyampaian brand story melalui desain booth pameran, anda harus terlebih dahulu memahami komponen apa saja yang membangun brand story itu sendiri. Berikut adalah komponen utama yang membentuk sebuah brand story:
- Misi
Yang pertama adalah misi, apa tujuan utama anda membuat brand tersebut? dan apa solusi yang anda tawarkan kepada konsumen dengan kehadiran brand anda? Anda juga harus bisa menjelaskan kemana arah yang ingin anda capai di masa depan.
- Nilai-nilai Brand
Selanjutnya yaitu nilai, apa kira-kira prinsip yang mendasari segala tindakan serta keputusan dari brand anda? Dan apa yang ingin anda yakini sebagai sebuah brand?
- Asal Usul (Origin Story)
Poin berikutnya yaitu sejarah dari brand anda. Melalui poin ini, anda bisa membagikan cerita tentang bagaimana brand anda dimulai dan apa inspirasi di balik pendiriannya? Anda juga bisa menambahkan apa saja tantangan yang pernah dihadapi dan bagaimana solusinya
- Keunikan
Keunikan menjadi poin utama ketika anda ingin membuat suatu brand karena hal ini yang membedakan brand anda dengan kompetitor yang lainnya. Jangan lupa untuk menonjolkan keuntungan yang ditawarkan oleh brand anda.
- Target Audiens
Anda harus bisa menentukan siapa target utama dari brand anda dan kira-kira apa kebutuhan, keinginan, serta nilai-nilai yang mereka yakini.
- Narasi
Langkah terakhir adalah, anda harus bisa menyusun seluruh elemen yang telah disebutkan diatas menjadi sebuah cerita yang menarik dan mudah diingat bagi konsumen. Selain itu, emosi apa yang ingin anda bangun melalui cerita anda.
Selanjutnya, bagaimana caranya memproyeksikan brand story anda melalui desain booth? Berikut adalah langkah mudah yang bisa anda ikuti:
- Riset Target Audiens
Sebelum merancang desain yang anda inginkan, anda harus melakukan riset terhadap target audiens yang ingin anda sasar. Penting bagi anda untuk memahami karakteristik serta preferensi pengunjung sebelum anda membuat rancangan desain booth anda.
- Kolaborasi dengan Tim Kreatif
Setelah data dari target audiens telah terkumpul, langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah membentuk sebuah tim kreatif. Tim kreatif tersebut bisa terdiri atas desainer grafis, arsitek, dan pihak lainnya untuk menghasilkan desain yang optimal. Pastikan anda mengkomunikasikan desain booth yang anda inginkan dengan baik kepada tim kreatif anda.
- Rancangan Anggaran
Mendirikan sebuah booth tentu tidak akan lepas dari yang namanya anggaran. Anda harus bisa menentukan anggaran yang realistis serta mengalokasikan dana tersebut secara efisien.
Memilih desain booth yang tepat untuk menyampaikan brand story anda merupakan hal yang tricky sehingga anda perlu melakukan riset yang banyak serta diskusi bersama dengan tim anda. Dengan desain booth yang tepat, anda bisa membuat pengunjung merasakan cerita dari brand anda.